5 Tips Merawat Bulu Kucing Persia agar Tetap Indah dan Sehat

Kesehatan bulu menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan oleh pemilik kucing. Apalagi untuk jenis kucing persia yang memiliki bulu panjang dan lebat. Sangatlah penting menjaga agar kondisi bulu kucing selalu indah sekaligus sehat. Langkah perawatan yang tepat sangatlah dibutuhkan untuk membantu menjaga bulu kucing selalu dalam kondisi memukau.

Merawat Bulu Kucing

Tak hanya asal memberikan makan dan minum, perawatan kucing harus diperhatikan sebaik mungkin. Kucing yang sehat tidak hanya ditandai dengan bobot tubuh yang ideal. Kondisi bulu si kucing juga harus bagus, tidak mudah rontok serta tidak ditumbuhi kutu. Berikut 5 tips merawat bulu kucing agar selalu terlihat indah dan sehat:

  • Lakukan Penyisiran

Penting sekali meluangkan waktu untuk menyisir bulu lembut si kucing. Gunakan sisir khusus untuk menyisir bulu kucing Anda. Penyisiran ini akan membantu memisahkan bulu kucing yang sudah rontok sehingga tidak menempel di tubuh dan tertelan oleh kucing. Selain itu, bulu rontok yang menempel di badan harus dihilangkan agar tidak menghambat pertumbuhan bulu lainnya.

  • Mandikan Berkala

Si kucing juga perlu mandi secara berkala untuk menjaga kebersihan tubuh serta kesehatan bulunya. Mandi bisa dilakukan minimal satu kali sebulan atau bisa rutin satu kali seminggu. Saat memandikan kucing, bulu yang rontok serta sel kulit mati bisa dibersihkan. Selain itu bakteri yang menempel pada tubuh kucing juga bisa dihilangkan sampai benar-benar bersih.

  • Pilih Sampo yang Tepat

Saat memandikan kucing persia, pakailah produk sampo khusus yang tepat. Gunakan produk sampo yang memang didesain untuk merawat bulu indah kucing ini. Pilih produk sampo yang aman dan tidak menyebabkan kerontokan. Gunakan juga produk sampo yang bisa membasmi kutu serta jamur. Rekomendasi produk sampo kucing ini bisa dicari di internet atau tanya kepada dokter hewan.

  • Jaga Kebersihan Lingkungan

Demi menjaga kebersihan tubuh serta kesehatan bulu si kucing, pastikan lingkungan sekitarnya selalu dalam kondisi yang bersih. Bersihkan kandang secara berkala dan pastikan si kucing tidak berkeliaran di tempat yang kotor. Jika lingkungan hidup kucing tidak bersih maka bisa meningkatkan risiko munculnya parasit dan kutu pada tubuhnya.

  • Pilih Makanan yang Sehat

Ternyata kesehatan bulu si kucing juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk memberi jenis makanan yang sehat dengan kandungan gizi lengkap sesuai kebutuhan tubuh kucing. Pilih jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan serta kecantikan bulu kucing yang Anda pelihara.

 

Itulah 5 tips merawat keindahan serta kesehatan bulu si kucing. Jika dirawat dengan baik maka kucing akan tumbuh sehat dengan bulu yang menawan. Anda bisa menemukan beragam tips perawatan kucing dengan membaca berbagai jenis artikel home & living di internet. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *