Lamborghini Aventador Ultimee LP780-4 terungkap

Bolognese Raging Bull menandatangani Aventador bertenaga V12 dengan hore terakhir 574kW, 355km / jam

Setelah menjalankan produksi selama satu dekade, Lamborghini memberikan flagship Aventador yang bernafas api dengan pengiriman yang pas melalui edisi Ultimee LP780-4 terakhir.

Raging Bull akan membangun 600 unit Lamborghini Aventador Ultimae LP780-4 (350 coupe dan 250 Roadsters), sebelum manufaktur di pabrik Sant’Agata Bolognese beralih ke penerus Aventador yang serba baru yang akan menjadi supercar mainstream pertama merek tersebut untuk ditampilkan. sebuah powertrain hibrida.

Ini berarti Ultimae akan menjadi model V12 murni terakhir Lamborghini, serta menjadi mobil tercepat dan terkuat yang memakai lencana Aventador.

Untuk model swansong, para insinyur powertrain Lambo telah menambah 780hp (574kW) yang menakjubkan dari V12 6,5 liter yang disedot secara alami, yang menghasilkan waktu akselerasi 0-100km/jam dalam 2,8 detik, 0-200km/jam dalam 8,7 detik dan kecepatan tertinggi 355km/jam untuk Ultimee coupe.

Meskipun torsi puncak 720Nm tidak akan datang hingga 6750rpm yang tinggi, Lamborghini mengatakan telah mengoptimalkan VVT (Variable Valve Timing) dan VIS (Variable Intake System) untuk menghasilkan lebih banyak gerutuan di seluruh rentang putaran untuk respons low-down yang lebih baik dan kemudahan berkendara.

Untuk harga mobil di luar pabrik dimulai dari 400.000 euro ($A631K) ditambah pajak, dengan produksi dimulai pada Oktober dan berakhir pada musim panas 2022.

Pendatang baru akan membuat debut publiknya di Goodwood Festival of Speed ​​akhir pekan ini di Inggris, tetapi penjualan mobil mencetak preview mobil dua minggu lalu di markas Lamborghini Sant’Agata Bolognese.

Selain mesinnya yang ditingkatkan, Aventador Ultimae mendapat sejumlah penyesuaian sesuai dengan status edisi terbatasnya. Ini fitur knalpot titanium ringan yang sama seperti hard-core Aventador SVJ dan ini, bersama dengan langkah-langkah penghematan berat lainnya, memungkinkan untuk tip timbangan di sigap 1550kg (minus cairan) – 25kg lebih ringan dari Aventador S yang ada.

Menurut Lamborghini, kalibrasi suspensi kurang ekstrem dibandingkan Aventador SVJ yang berfokus pada trek, karena Ultimae dirancang sebagai paket yang lebih lengkap yang dapat digunakan sebagai pengemudi harian. Ini juga mengorbankan kursi balap SVJ sebagai pengganti kursi ember yang lebih mahal.

Drive diteruskan ke keempat roda melalui gearbox sekuensial tujuh kecepatan Independent Shifting Rod (ISR), yang, meskipun jauh lebih baik selama siklus hidup Aventador, bukanlah transmisi perpindahan yang paling halus di luar sana.

Model penerus yang akan dirilis akhir tahun depan harus mengatasi kekurangan ini melalui gearbox dual-clutch yang canggih.

Sesuai Aventador S, Ultimae memiliki fitur pengaturan all-wheel-drive belakang-bias, di samping kemudi empat roda untuk meningkatkan kemampuan manuver pada kecepatan rendah dan menambahkan stabilitas pada kecepatan yang lebih tinggi.

Ultimae juga dikatakan memiliki sistem kontrol stabilitas elektronik tweak yang dikalibrasi untuk respons yang lebih cepat dan lebih tepat. Seperti Aventador S, ada mode berkendara Strada, Sport dan Corsa, ditambah mode ‘Ego’ yang memungkinkan pengemudi untuk memilih pengaturan drivetrain, suspensi, dan kemudi secara individual.

Sayap belakang sistem aero aktif bergerak ke tiga posisi – tertutup, kinerja maksimum dan penanganan maksimum tergantung pada kecepatan dan mode penggerak yang dipilih, mengoptimalkan keseimbangan keseluruhan mobil dan bekerja dengan generator pusaran di bagian depan dan belakang sasis bawah untuk memaksimalkan aliran udara dan membantu pendinginan rem.

Ada juga rakitan bumper/spoiler depan yang menghasilkan downforce tambahan pada as roda depan. Splitter depan dan mulut terbuka LP 780-4 mengarahkan aliran udara tambahan untuk mengoptimalkan efisiensi aerodinamis dan meningkatkan pendinginan engine dan radiator.

Meskipun perubahan eksterior tidak terlalu mencolok dibandingkan SVJ, ini diklaim sebagai desain sebagai stylist Lamborghini yang bertujuan untuk menjaga kemurnian profil dramatis Aventador.

Dibutuhkan 40 jam kerja untuk melukis setiap Ultimae, yang ditawarkan sebagai standar dengan 18 pilihan warna, meskipun paletnya juga mencakup lebih dari 300 warna yang tersedia melalui program personalisasi Ad Personam Lamborghini.

Kabin dibalut kulit hitam dan Alcantara, dengan jahitan dan trim abu-abu pelengkap pada eksterior. Yang mengatakan, ada jumlah pilihan individualisasi yang hampir tak terbatas melalui Ad Personam, sehingga pelanggan dapat memastikan tidak ada mobil lain yang identik dengan mobil mereka.

Paduan tempa perak Dianthus 20 dan 21 inci hadir sebagai standar, meskipun ada juga kemungkinan untuk memilih pelek Dianthus, Leiron atau Nireo dalam warna perunggu, hitam dan atau titanium, dilengkapi dengan Pirelli P Zero ban corsa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *